Selamat Datang Risna's Simple Blog: "akhlaq yang indah" by ustadz abu zubair aljunaid

Galeri

"akhlaq yang indah" by ustadz abu zubair aljunaid



Diantara amalan bathin yang tidak kalah penting dan harus diperhatikan oleh seorang hamba adalah perangai yang baik, dikarenakan terkadang bahkan hampir sering keberhasilan sebuah dakwah tidak selamanya dagan kata-kata dalam artian banyak berbicara dangan berbagai penjelasan dan uraian namun keberhasilan dakwah ini dicapai dengan perangai/ahlaq yang baik. Sebab itu Allah mengutus Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam dangan suatu misi yang agung yaitu misi memparbaiki ahlak manusia kepa Allah kemudian ahlak manusia kepada sesama manusia. Telah banyak ayat-ayat al-qur'an yang memuji ahlak Rasulullah diantaranya :

وإن لعلي خلق عظيم

"Sungguh engkau benar-benar seorang yang berbudi pekerti yang agung."(al-qalam : 4)

Dengan demikian maka yang akan kita bicarakan disini adalah beberapa dalil yang akan membimbing kita untuk menerapkan perangai yang baik antara sesama manusia. Rasulullah bersabda :

بشروا ولا تنفروا ، و يسروا ولا تعسروا


"Gembirakanlah dan jangan membuat lari, mudahkanlah dan jangan persulit."(Bukhari no 68, Muslim no 2634)

Perhatikanlah pesan yang begitu singkat dalam hadits tersebut namun mempunyai makna yang tidak akan habis jika diurai.
Saudakau .... ! Bagaimana engkau akan menjadi pembawa kabar gembira dan bagaimana pula engkau akan menjadi orang yang membawa kemudahan jika sekiranya engkau memulai dakwahmu dengan perangai jelek, engkau mandatangi suatu kaum yang tidak mengerti apa itu ilmu jarh wa ta'dil tdk mengerti ttg hizbiyah bahkan tdk tau apa itu sururiyah, lalu engkau suguhkan kpd mereka pemandangan yang sama sekali jauh dari kondisi dan kebutuhan mereka, engkau berikan minuman yang terasa pahit bagi mereka padahal pada waktu yang bersamaan itu mereka lebih butuh terhadap pelajaran akidah, palajaran tauhid dan bahkan pelajaran fiqih yang dengannya mereka akan beribadah kepada Allah, namun engkau wahai saudaraku engkau datang dgn suatu pemandangan yang melemahkan mata dan minuman yang mengeraskan hati. Rasulullah bersabda :

إن رفق لايكون في شيء إلا زانه ولا ينزع من شيء إلا شانه

"Tidaklah kelembutan itu ada pada sesuatu melaikan ia akan memperindahnya, dan tidaklah kelembutan itu dicabut dari sesuatu melainkan akan memperburuknya." (Muslim no 2594)

Bahkan beliau juga bersabda yang artinya :"Barang siapa yang terhalang dari bersikap lemah lembut, maka dia terhalang dari seluruh kebaikan."(Muslim no 2592)

Saudaraku ..... !! Tau kah anda bahwa salah satu manusia yang paling zholim didunia ini bahkan tidak ada kezholiman yang lebih zholim dari yang dilakukan olehnya, yakni kezholimannya Fir'aun la'natullah 'alaih. Dalam keadaan yang begitu besar sampai memproklamisikan dirinya bahwa dia adalah Allah (wal'iyadzu billah) namun Allah yang maha perkasa memerintahkan kepada Musa dan Harun 'alaihimus sallam untuk mendakwahinya dengan cara yang lembut. Allah berfirman :

ٱذهبآ إلي فرعون إنه طغي ، فقولا له قولا لينا لعله يتذكر أو يخشي

"Pergilah kamu berdua kepada Fir'aun, sesungguhnya dia telah melampaui batas. Maka berbicaralah kamu berdua kepadanya dengan kata-kata yang lemah lembut, mudah-mudahan ia ingat atau takut."(Thoha : 43-44)

Bandingkanlah ... ! Dakwah dua orang utusan Allah ini dengan dakwahmu, mereka mendatangi seorang penguasa yang sangat zholim dengan kata2 dan nasihat yang lembut dengan harapan agar penguasa tersebut bertaubat dan kembali kepada Allah, namun engkau..... engaku datang kepada orang awam, orang yang punya semangat untuk mengenal agama dalam keadaan belum tau dimana letak kesalahan mereka lalu engkau menyuguhkan materi yg mereka belum bisa menjangkaunya bahkan mereka sama sekali tidak mampu menerimanya. Engkau katakan fulan demikian dan fulan demikian, jauhilah si fulan dan si fulan dengan alasan yang tidak pasti, dan dalil yang tidak kokoh sehingga membingungkan yang awam dan mengeraskan hati para pelajar. Saudaraku sesungguhnya belajar agama untuk menciptakan hakekat ubudiyah bukan untuk merebut massa dan jumlah pengikut layaknya kampanye politik. Rasulullah bersabda :

عن جابر رضي الله عنه قال ؛ قال رسول الله صلي الله عليه وسلم : اتقوا الظلم ، فإن الظلم ظلمات يوم القيامة

"Hati-hatilah kalian terhadap sikap zholim, karena kezholiman adalah kegelapan pada hari kiamat."(HR Muslim)

Saya sangat khawatir jangan sampai engkau wahai saudaraku tidak mampu mendatangkan keterangan yang pasti atas segala kerusakan yang ditimbulkan oleh lisanmu itu sehingga engkau termasuk orang yang zholim bahkan orang yang bangkrut pada hari kiamat. Rasulullah bersabda :

سباب المسلم فسوق ، و قتاله كفر

"Mencaci seorang muslim adalah tindakan kefasikan, dan membunuhnya tanpa alasan yang benar adalah tindakan kekufuran."( Muttafuwun 'alaih )

Wallahu waliyu taufiq

... Barakallahu fiikum ...

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda dibawah ini (Trisna Irianti)